What Is The Goal Of The Text

Apa Itu Tujuan Teks?

Tujuan teks adalah tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh penulis dalam menulis suatu teks. Tujuan tersebut dapat berupa memberikan informasi, menghibur, membujuk, atau mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu. Memahami tujuan teks penting karena akan membantu kita dalam memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Mengapa Penting Memahami Tujuan Teks?

Memahami tujuan teks sangat penting karena akan membantu kita dalam menginterpretasikan isi teks dengan benar. Jika kita tidak memahami tujuan teks, kita mungkin akan salah mengartikan atau bahkan mengabaikan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis. Selain itu, pemahaman yang salah terhadap tujuan teks juga dapat membuat kita bertindak atau berpikir dengan tidak tepat.

Jenis-jenis Tujuan Teks

Terdapat beberapa jenis tujuan teks yang umum, seperti:

1. Memberikan Informasi

Tujuan teks yang paling umum adalah memberikan informasi kepada pembaca. Jenis teks yang sering memiliki tujuan ini adalah artikel berita, artikel ilmiah, atau buku pelajaran. Tujuan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat dan berguna kepada pembaca.

2. Menghibur

Tujuan teks lainnya adalah untuk menghibur pembaca. Jenis teks yang sering memiliki tujuan ini adalah cerita pendek, novel, atau sketsa komedi. Tujuan ini bertujuan untuk membuat pembaca merasa senang atau tertawa.

3. Membujuk

Tujuan teks selanjutnya adalah membujuk pembaca. Jenis teks yang sering memiliki tujuan ini adalah iklan, pidato politik, atau surat kabar. Tujuan ini bertujuan untuk meyakinkan pembaca untuk melakukan sesuatu atau membeli suatu produk.

4. Mengajak untuk Bertindak

Tujuan teks terakhir adalah mengajak pembaca untuk bertindak. Jenis teks yang sering memiliki tujuan ini adalah petisi, surat pembaca, atau artikel opini. Tujuan ini bertujuan untuk mendorong pembaca untuk melakukan sesuatu atau berpartisipasi dalam suatu aktivitas.

Cara Memahami Tujuan Teks

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memahami tujuan teks, seperti:

1. Membaca dengan Saksama

Cara pertama adalah membaca teks dengan saksama. Dengan membaca dengan lebih teliti, kita dapat memperhatikan pesan atau tujuan yang ingin disampaikan oleh penulis.

2. Menganalisis Struktur Teks

Cara kedua adalah menganalisis struktur teks. Struktur teks dapat memberikan petunjuk tentang tujuan teks. Misalnya, jika teks memiliki judul yang sangat menjual atau menarik, kemungkinan besar tujuan teks adalah membujuk pembaca.

3. Mengidentifikasi Bahasa yang Digunakan

Cara ketiga adalah mengidentifikasi bahasa yang digunakan. Bahasa yang digunakan oleh penulis dapat memberikan petunjuk tentang tujuan teks. Misalnya, jika bahasa yang digunakan sangat persuasif, kemungkinan besar tujuan teks adalah membujuk pembaca.

Kesimpulan

Memahami tujuan teks sangat penting untuk memahami isi dan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis. Terdapat beberapa jenis tujuan teks, seperti memberikan informasi, menghibur, membujuk, atau mengajak pembaca untuk bertindak. Cara untuk memahami tujuan teks adalah dengan membaca dengan saksama, menganalisis struktur teks, atau mengidentifikasi bahasa yang digunakan.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan komentar