Unsur Unsur Baku Dalam Sistem Lapisan Sosial Adalah

Pendahuluan

Sistem lapisan sosial adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengelompokkan masyarakat berdasarkan kelas sosial. Setiap lapisan sosial memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari pendapatan, pendidikan, status, dan budaya. Dalam sistem lapisan sosial, terdapat unsur-unsur baku yang harus dimiliki oleh setiap lapisan sosial.

Pendapatan

Unsur baku pertama dalam sistem lapisan sosial adalah pendapatan. Pendapatan adalah jumlah uang yang diperoleh seseorang dalam waktu tertentu. Setiap lapisan sosial memiliki tingkat pendapatan yang berbeda-beda. Lapisan sosial yang lebih tinggi memiliki pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan lapisan sosial yang lebih rendah.

Pendidikan

Unsur baku kedua dalam sistem lapisan sosial adalah pendidikan. Pendidikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh individu. Pendidikan sangat berpengaruh terhadap posisi seseorang dalam sistem lapisan sosial. Individu yang memiliki pendidikan yang tinggi biasanya berada di lapisan sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang memiliki pendidikan yang rendah.

Status

Unsur baku ketiga dalam sistem lapisan sosial adalah status. Status adalah posisi seseorang dalam masyarakat. Status dapat diperoleh dari faktor keturunan, pendidikan, dan pekerjaan. Individu yang berasal dari keluarga yang memiliki status tinggi biasanya memiliki status yang lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang berasal dari keluarga yang memiliki status rendah.

Budaya

Unsur baku keempat dalam sistem lapisan sosial adalah budaya. Budaya adalah keseluruhan cara hidup suatu masyarakat. Setiap lapisan sosial memiliki budaya yang berbeda-beda. Lapisan sosial yang lebih tinggi memiliki budaya yang lebih kompleks dan terlihat lebih eksklusif dibandingkan lapisan sosial yang lebih rendah.

Pekerjaan

Unsur baku kelima dalam sistem lapisan sosial adalah pekerjaan. Pekerjaan adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh penghasilan. Pekerjaan sangat mempengaruhi posisi seseorang dalam sistem lapisan sosial. Individu yang memiliki pekerjaan yang lebih tinggi biasanya memiliki posisi yang lebih tinggi dalam sistem lapisan sosial.

Agama

Unsur baku keenam dalam sistem lapisan sosial adalah agama. Agama adalah keyakinan spiritual yang dipeluk oleh seseorang. Agama dapat mempengaruhi posisi seseorang dalam sistem lapisan sosial. Di beberapa masyarakat, individu yang memiliki agama yang berbeda-beda dapat berada di lapisan sosial yang berbeda-beda pula.

Suku

Unsur baku ketujuh dalam sistem lapisan sosial adalah suku. Suku adalah kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan, bahasa, dan adat istiadat yang berbeda-beda. Suku dapat mempengaruhi posisi seseorang dalam sistem lapisan sosial. Di beberapa masyarakat, individu yang berasal dari suku yang berbeda-beda dapat berada di lapisan sosial yang berbeda-beda pula.

Gender

Unsur baku kedelapan dalam sistem lapisan sosial adalah gender. Gender adalah perbedaan sosial antara laki-laki dan perempuan. Gender dapat mempengaruhi posisi seseorang dalam sistem lapisan sosial. Di beberapa masyarakat, perempuan memiliki posisi yang lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki.

Usia

Unsur baku kesembilan dalam sistem lapisan sosial adalah usia. Usia adalah masa hidup seseorang yang dihitung dari tanggal lahir. Usia dapat mempengaruhi posisi seseorang dalam sistem lapisan sosial. Di beberapa masyarakat, individu yang lebih tua memiliki posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang lebih muda.

Kesimpulan

Unsur-unsur baku dalam sistem lapisan sosial sangatlah penting untuk dipahami. Setiap unsur baku memiliki peran yang berbeda-beda dalam menentukan posisi seseorang dalam sistem lapisan sosial. Dengan memahami unsur-unsur baku tersebut, kita dapat memahami lebih lanjut mengenai sistem lapisan sosial suatu masyarakat.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan komentar