Sikap Memblok Yang Benar Yaitu Sebagai Berikut Kecuali

Saat kita berinteraksi di media sosial, kadang-kadang kita harus mengambil sikap untuk memblok seseorang yang mengganggu atau merugikan kita. Namun, apakah kamu tahu cara yang benar untuk melakukan tindakan ini? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan tindakan memblok seseorang.

1. Jangan Memblok Orang Tanpa Alasan Yang Jelas

Sebelum melakukan aksi blok, pastikan kamu memiliki alasan yang jelas untuk melakukannya. Jangan hanya karena kamu merasa tidak suka atau tidak setuju dengan orang tersebut. Blok hanya dilakukan untuk orang yang benar-benar mengganggu atau merugikan kamu secara langsung.

2. Beri Peringatan Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan tindakan blok, cobalah untuk memberikan peringatan terlebih dahulu kepada orang tersebut. Beritahu apa yang membuat kamu merasa tidak nyaman atau merugikan kamu. Dengan memberikan peringatan, kamu memberikan kesempatan kepada orang tersebut untuk memperbaiki perilakunya.

3. Blok Jika Sudah Tidak Ada Jalan Lain

Jika sudah memberikan peringatan namun perilaku orang tersebut masih tetap merugikan atau mengganggu kamu, maka tindakan blok adalah satu-satunya jalan yang bisa kamu lakukan. Blok dilakukan untuk melindungi diri kamu dari orang tersebut agar tidak terus menerima perlakuan yang merugikan.

4. Blok Dengan Cara Yang Baik-Baik

Sebelum melakukan blok, pastikan kamu melakukannya dengan cara yang baik-baik. Beritahu orang tersebut bahwa kamu akan melakukan blok dan jelaskan alasan kamu melakukannya. Hindari melakukan blok secara tiba-tiba dan tanpa memberikan penjelasan.

5. Jangan Sering-Sering Memblok Orang

Tindakan blok seharusnya dilakukan hanya jika kamu merasa sangat terganggu atau dirugikan oleh orang tersebut. Hindari melakukan blok secara sering karena hal ini bisa membuat kamu terlihat tidak toleran dan membuat kamu menjadi tidak disukai oleh orang lain.

6. Blok Bukan Solusi Yang Mutlak

Blok bukanlah solusi yang mutlak untuk mengatasi masalah di media sosial. Terkadang, kamu bisa memilih untuk mengabaikan atau menghapus komentar yang tidak sesuai dengan keinginan kamu. Namun, jika perilaku orang tersebut sangat merugikan kamu, maka tindakan blok bisa menjadi pilihan terbaik.

7. Jangan Blok Orang Tanpa Memberikan Kesempatan Kedua

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Oleh karena itu, jangan hanya karena satu kesalahan kamu langsung melakukan blok pada orang tersebut. Berikanlah kesempatan kedua kepada orang tersebut untuk memperbaiki kesalahannya.

8. Blok Jangan Sampai Menjadi Tindakan Bullying

Ingatlah bahwa tindakan blok bukanlah tindakan bullying. Jangan melakukan blok hanya karena kamu merasa tidak suka atau tidak setuju dengan orang tersebut. Hanya lakukan blok jika perilaku orang tersebut benar-benar merugikan atau mengganggu kamu secara langsung.

9. Jangan Blok Orang Tanpa Memberikan Penjelasan

Saat melakukan blok, pastikan kamu memberikan penjelasan yang jelas dan tegas kepada orang tersebut. Beritahu alasan kamu melakukan blok dan jelaskan bahwa tindakan blok dilakukan untuk melindungi diri kamu dari perilaku orang tersebut yang merugikan atau mengganggu.

10. Blok Bukan Tindakan Yang Bijak

Meskipun tindakan blok bisa menjadi pilihan terbaik dalam beberapa situasi, namun sebaiknya kamu tidak terlalu sering melakukan tindakan ini. Blok bukanlah tindakan yang bijak karena bisa membuat kamu kehilangan kesempatan untuk belajar dari masalah yang terjadi.

11. Hindari Blok Saat Emosi Menguasai

Saat emosi sedang menguasai, sebaiknya hindari melakukan tindakan blok. Berikan waktu untuk diri kamu sendiri untuk merenung dan memikirkan tindakan yang tepat. Hindari melakukan tindakan yang hanya akan membawa dampak buruk di kemudian hari.

12. Blok Hanya Untuk Sementara Waktu

Ketika kamu melakukan blok pada seseorang, pastikan kamu hanya melakukan blok untuk sementara waktu saja. Berikan waktu bagi diri kamu untuk merenung dan memberikan kesempatan kepada orang tersebut untuk memperbaiki perilakunya.

13. Blok Tidak Menyelesaikan Masalah

Ingatlah bahwa tindakan blok bukanlah tindakan yang dapat menyelesaikan masalah. Terkadang, kamu masih perlu melakukan tindakan lain untuk mengatasi masalah yang terjadi. Blok hanya dilakukan untuk melindungi diri kamu dari perilaku orang tersebut yang merugikan atau mengganggu.

14. Blok Hanya Dilakukan Pada Akun Pribadi

Tindakan blok seharusnya hanya dilakukan pada akun yang bersifat pribadi. Jangan melakukan blok pada akun bisnis atau akun publik lainnya karena hal ini bisa merugikan kamu secara profesional.

15. Jangan Blok Orang Tanpa Mengetahui Dampaknya

Saat melakukan blok, pastikan kamu sudah mengetahui dampaknya. Blok bisa membuat kamu kehilangan teman atau follower, dan hal ini bisa berdampak pada reputasi kamu di media sosial. Berpikirlah dengan matang sebelum melakukan tindakan blok.

16. Blok Bukan Tindakan Yang Bijak

Ketika kamu melakukan blok pada seseorang, pastikan kamu sudah berpikir dengan matang. Blok bukanlah tindakan yang bijak karena bisa membuat kamu kehilangan kesempatan untuk belajar dari masalah yang terjadi. Sebaiknya, pertimbangkan tindakan lain yang lebih bijak dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik.

17. Blok Tidak Selalu Merugikan

Meskipun blok bisa membuat kamu kehilangan teman atau follower, namun tindakan ini tidak selalu merugikan. Terkadang, blok adalah tindakan yang tepat untuk melindungi diri kamu dari perilaku orang yang merugikan atau mengganggu.

18. Jangan Blok Orang Tanpa Berbicara Dengan Temanmu Terlebih Dahulu

Saat kamu merasa terganggu atau dirugikan oleh seseorang di media sosial, sebaiknya bicarakan dulu dengan temanmu. Beritahu apa yang membuat kamu merasa tidak nyaman atau merugikan. Temanmu bisa memberikan saran yang baik untuk mengatasi masalah tersebut.

19. Jangan Blok Orang Tanpa Memberikan Kesempatan Untuk Memperbaiki Kesalahannya

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Oleh karena itu, sebelum melakukan blok, berikanlah kesempatan kepada orang tersebut untuk memperbaiki kesalahannya. Beritahu apa yang membuat kamu merasa tidak nyaman atau merugikan dan berikan kesempatan kepada orang tersebut untuk memperbaiki perilakunya.

20. Kesimpulan

Sikap memblok yang benar adalah sikap yang dilakukan dengan hati-hati dan bijak. Sebelum melakukan tindakan blok, pastikan kamu memiliki alasan yang jelas dan sudah memberikan peringatan terlebih dahulu. Ingatlah bahwa blok bukanlah tindakan yang mutlak dan sebaiknya kamu tidak terlalu sering melakukan tindakan ini. Terakhir, jangan melakukan blok tanpa memberikan kesempatan kedua atau tanpa berbicara dengan temanmu terlebih dahulu.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan komentar