Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Halaman 144

Pendahuluan

IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Mata pelajaran ini membahas tentang kehidupan sosial, baik di tingkat lokal maupun global. Di dalam IPS, terdapat banyak materi yang harus dipelajari oleh siswa, seperti sejarah, geografi, ekonomi, dan sebagainya. Namun, pada artikel kali ini, kita akan membahas kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 144.

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 144

Pada halaman 144 buku IPS kelas 8, terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa. Berikut adalah kunci jawabannya:

1. Apa itu kebijakan lingkungan hidup?

Kebijakan lingkungan hidup adalah suatu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Kebijakan ini bertujuan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dan menjaga keberlanjutan ekosistem.

2. Apa yang dimaksud dengan dampak lingkungan hidup?

Dampak lingkungan hidup adalah perubahan yang terjadi pada lingkungan hidup akibat aktivitas manusia atau alam. Dampak ini dapat berdampak positif atau negatif terhadap kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

3. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan lingkungan hidup?

Pengelolaan lingkungan hidup adalah suatu upaya untuk memanage dan mengelola sumber daya alam secara efektif dan efisien. Tujuannya adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memperbaiki kualitas hidup manusia.

4. Apa yang dimaksud dengan polusi?

Polusi adalah suatu kondisi ketika lingkungan hidup tercemar oleh bahan-bahan kimia atau limbah yang berasal dari aktivitas manusia. Polusi dapat berdampak buruk terhadap kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya.

5. Apa yang dimaksud dengan pemanasan global?

Pemanasan global adalah suatu kondisi ketika suhu rata-rata bumi meningkat secara signifikan akibat aktivitas manusia, seperti penggunaan bahan bakar fosil dan deforestasi. Pemanasan global berdampak buruk terhadap lingkungan hidup dan kehidupan manusia.

6. Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca?

Efek rumah kaca adalah suatu fenomena di mana gas-gas tertentu di atmosfer bumi menahan panas yang berasal dari bumi. Fenomena ini menyebabkan suhu bumi meningkat dan berdampak buruk terhadap lingkungan hidup.

7. Bagaimana cara mengurangi polusi udara?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi polusi udara, seperti mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, memperbanyak taman dan pepohonan, dan memperbanyak penggunaan energi terbarukan.

8. Apa yang dimaksud dengan energi terbarukan?

Energi terbarukan adalah sumber energi yang berasal dari alam dan dapat diperbaharui secara alami, seperti energi matahari, angin, dan air. Energi terbarukan merupakan alternatif yang ramah lingkungan dan dapat mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

9. Apa yang dimaksud dengan deforestasi?

Deforestasi adalah suatu aktivitas manusia yang menghilangkan hutan secara besar-besaran untuk diubah menjadi lahan pertanian atau pemukiman. Deforestasi berdampak buruk terhadap lingkungan hidup dan dapat menyebabkan perubahan iklim.

10. Bagaimana cara mengurangi deforestasi?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi deforestasi, seperti memperbanyak penanaman hutan, melakukan penghijauan di lahan yang kosong, dan memperbanyak penggunaan kertas daur ulang.

Kesimpulan

Demikianlah kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 144. Materi tentang lingkungan hidup sangat penting untuk dipelajari oleh siswa, karena lingkungan hidup merupakan tempat tinggal bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memperbaiki kualitas hidup kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar