Kromosom Sel Somatik Wanita Normal Terdiri Atas

Pendahuluan

Kromosom adalah bagian dari sel yang mengandung informasi genetik atau DNA. Pada manusia, kromosom terdapat dalam sel somatik dan sel kelamin. Sel somatik adalah sel yang terdapat pada seluruh tubuh kecuali pada organ reproduksi. Pada wanita normal, sel somatik terdiri atas 46 kromosom yang terdiri atas pasangan-pasangan kromosom.

Kromosom X dan Y

Kromosom manusia terdiri atas 23 pasang kromosom. Lima belas pasang kromosom adalah kromosom somatik atau non-seksual, sedangkan delapan pasang kromosom lainnya adalah kromosom kelamin. Kromosom kelamin terdiri atas kromosom X dan Y. Wanita normal memiliki dua kromosom X, sedangkan pria normal memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y.

Kromosom Somatik Wanita Normal

Kromosom somatik wanita normal terdiri atas 44 kromosom autosom dan dua kromosom seksual X. Kromosom autosom adalah kromosom yang bertanggung jawab dalam menentukan ciri-ciri fisik dan sifat-sifat lainnya yang tidak berkaitan dengan jenis kelamin. Setiap kromosom autosom terdiri atas dua kromatid yang menyatu di tengah-tengahnya.

Kromosom X dan Y pada Pria Normal

Pria normal memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y pada kromosom seksual. Kromosom X adalah kromosom yang bertanggung jawab dalam menentukan jenis kelamin wanita, sedangkan kromosom Y adalah kromosom yang bertanggung jawab dalam menentukan jenis kelamin pria.

Kromosom Somatik pada Manusia

Kromosom somatik pada manusia terdiri atas dua puluh dua pasang kromosom autosom dan satu pasang kromosom seksual. Kromosom seksual pada wanita terdiri atas dua kromosom X, sedangkan pada pria terdiri atas satu kromosom X dan satu kromosom Y.

Kromosom pada Sel Eukariotik

Sel eukariotik memiliki kromosom yang terdiri atas DNA dan protein. Kromosom pada sel eukariotik tidak selalu berbentuk seperti benang, melainkan dapat juga berbentuk seperti huruf X atau V.

Kromosom pada Sel Prokariotik

Sel prokariotik tidak memiliki kromosom yang terdapat dalam inti sel. DNA pada sel prokariotik terdapat pada nukleoid yang terletak di bagian tengah sel.

Kromosom pada Manusia dan Hewan Lainnya

Manusia dan hewan lainnya memiliki kromosom yang terdiri atas DNA dan protein. Kromosom pada hewan yang berbeda-beda dapat memiliki jumlah dan bentuk yang berbeda-beda pula.

Kromosom pada Tumbuhan

Tumbuhan juga memiliki kromosom yang terdiri atas DNA dan protein. Kromosom pada tumbuhan dapat memiliki jumlah dan bentuk yang berbeda-beda pula.

Kromosom pada Sel Telur dan Sel Sperma

Sel telur dan sel sperma hanya memiliki 23 kromosom, atau setengah dari jumlah kromosom normal yang terdapat pada sel somatik. Setiap sel telur dan sel sperma hanya memiliki satu kromosom seksual, yaitu kromosom X pada sel telur dan kromosom X atau Y pada sel sperma.

Kromosom pada Sel Kanker

Sel kanker dapat memiliki jumlah kromosom yang berbeda-beda dari sel somatik normal. Hal ini disebabkan oleh adanya mutasi genetik yang terjadi pada sel kanker.

Kromosom pada Sel Manusia yang Terkena Down Syndrome

Orang yang terkena Down Syndrome memiliki tiga kromosom pada pasangan nomor 21 daripada dua kromosom seperti halnya pada orang normal. Kondisi ini disebut sebagai trisomy 21.

Kesimpulan

Kromosom sel somatik wanita normal terdiri atas 44 kromosom autosom dan dua kromosom seksual X. Kromosom somatik pada manusia terdiri atas dua puluh dua pasang kromosom autosom dan satu pasang kromosom seksual. Kromosom pada sel eukariotik dan sel prokariotik dapat memiliki bentuk dan jumlah yang berbeda-beda. Sel telur dan sel sperma hanya memiliki 23 kromosom. Sel kanker dapat memiliki jumlah kromosom yang berbeda-beda, sedangkan orang yang terkena Down Syndrome memiliki tiga kromosom pada pasangan nomor 21.

Tinggalkan komentar