Cara Menentukan Akar Persamaan Kuadrat Ada 3 Kecuali

1. Menggunakan Rumus

Salah satu cara untuk menentukan akar persamaan kuadrat adalah dengan menggunakan rumus. Rumus yang digunakan adalah x = (-b ± √(b² – 4ac)) / 2a. Namun, perlu diingat bahwa rumus ini hanya dapat digunakan untuk persamaan kuadrat dengan bentuk ax² + bx + c = 0. Jadi, jika Anda memiliki persamaan kuadrat dengan bentuk yang berbeda, Anda harus menggunakan cara yang berbeda pula.

2. Menggunakan Grafik

Cara lain untuk menentukan akar persamaan kuadrat adalah dengan menggunakan grafik. Anda dapat menggambar grafik persamaan kuadrat dengan menentukan titik-titik koordinat yang sesuai. Kemudian, Anda dapat menentukan akar persamaan kuadrat dengan mencari titik-titik pada sumbu x yang bersentuhan dengan grafik.

3. Menggunakan Metode Faktorisasi

Metode faktorisasi adalah cara lain untuk menentukan akar persamaan kuadrat. Metode ini dilakukan dengan mencari dua bilangan yang dapat menghasilkan hasil kali yang sama dengan nilai c dan hasil penjumlahan yang sama dengan nilai b. Setelah itu, Anda dapat mengganti nilai b dan c dengan hasil faktorisasi tersebut dan menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara biasa.

Kesimpulan

Ada tiga cara untuk menentukan akar persamaan kuadrat, yaitu menggunakan rumus, grafik, dan metode faktorisasi. Namun, cara yang dipilih tergantung pada bentuk persamaan kuadrat yang Anda miliki. Jadi, pastikan Anda memahami bentuk persamaan kuadrat yang ada sebelum memilih metode yang tepat.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar