Berikut Ini Yang Bukan Hak Octroi Voc Adalah

Pengertian Octroi VOC

Sebelum membahas tentang apa saja yang bukan hak Octroi VOC, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian Octroi VOC. Octroi VOC adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia pada masa penjajahan. Pajak ini dikenakan atas barang-barang yang masuk ke dalam kota atau pelabuhan tertentu.

Yang Bukan Termasuk Hak Octroi VOC

Namun, tidak semua barang atau hal yang masuk ke dalam kota atau pelabuhan tertentu termasuk dalam hak Octroi VOC. Berikut ini adalah beberapa hal yang bukan termasuk hak Octroi VOC:

1. Pribadi

Pribadi atau individu yang masuk ke dalam kota atau pelabuhan tertentu tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena pribadi tidak membawa barang yang dapat dikenakan pajak.

2. Uang

Uang juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena uang bukanlah barang yang dapat dikenakan pajak.

3. Barang Bawaan Pribadi

Barang bawaan pribadi seperti pakaian, perhiasan, dan lain sebagainya juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena barang bawaan pribadi bukanlah barang yang diperjualbelikan.

4. Barang yang Sudah Dipajaki

Barang yang sudah dipajaki di tempat lain juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena barang tersebut sudah dikenakan pajak di tempat asalnya.

5. Barang yang Dibawa Oleh Kapal Asing

Barang yang dibawa oleh kapal asing juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena kapal asing tidak berada dalam yurisdiksi pemerintah Indonesia.

6. Barang yang Dibawa Oleh Diplomat

Barang yang dibawa oleh diplomat juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena diplomat dianggap memiliki kekebalan diplomatik.

7. Barang yang Dibawa Oleh Orang Asing yang Tidak Tinggal di Indonesia

Barang yang dibawa oleh orang asing yang tidak tinggal di Indonesia juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena orang asing yang tidak tinggal di Indonesia tidak berada dalam yurisdiksi pemerintah Indonesia.

8. Barang yang Dibawa Oleh Pesawat Asing

Barang yang dibawa oleh pesawat asing juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena pesawat asing tidak berada dalam yurisdiksi pemerintah Indonesia.

9. Barang yang Dibawa Oleh Kapal Perang

Barang yang dibawa oleh kapal perang juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena kapal perang dianggap memiliki kekebalan diplomatik.

10. Surat-surat Penting

Surat-surat penting seperti surat keputusan, surat perintah, dan lain sebagainya juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena surat-surat penting tidak diperjualbelikan.

11. Peralatan Militer

Peralatan militer seperti senjata, amunisi, dan lain sebagainya juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena peralatan militer bukanlah barang yang diperjualbelikan.

12. Barang yang Dibawa Oleh Petugas Kemanan

Barang yang dibawa oleh petugas keamanan seperti polisi dan tentara juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena petugas keamanan membawa barang untuk menjalankan tugasnya.

13. Barang yang Sudah Dipajak di Luar Negeri

Barang yang sudah dipajak di luar negeri juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena barang tersebut sudah dikenakan pajak di tempat asalnya.

14. Barang yang Dibawa Oleh Penumpang Pesawat

Barang yang dibawa oleh penumpang pesawat juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena barang tersebut merupakan barang bawaan pribadi.

15. Barang yang Dibawa Oleh Penumpang Kapal

Barang yang dibawa oleh penumpang kapal juga tidak termasuk hak Octroi VOC. Hal ini karena barang tersebut merupakan barang bawaan pribadi.

Kesimpulan

Octroi VOC adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia pada masa penjajahan. Namun, tidak semua barang atau hal yang masuk ke dalam kota atau pelabuhan tertentu termasuk dalam hak Octroi VOC. Banyak hal yang tidak termasuk hak Octroi VOC, seperti pribadi, uang, barang bawaan pribadi, barang yang sudah dipajaki di tempat lain, barang yang dibawa oleh kapal asing, barang yang dibawa oleh diplomat, barang yang dibawa oleh orang asing yang tidak tinggal di Indonesia, barang yang dibawa oleh pesawat asing, barang yang dibawa oleh kapal perang, surat-surat penting, peralatan militer, barang yang dibawa oleh petugas keamanan, barang yang sudah dipajak di luar negeri, barang yang dibawa oleh penumpang pesawat, dan barang yang dibawa oleh penumpang kapal.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan komentar