Berikut Ini Merupakan Bagian Dari Teks Eksplanasi Kecuali

Pendahuluan

Teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk memberikan penjelasan secara rinci mengenai suatu fenomena atau kejadian. Dalam teks eksplanasi, terdapat beberapa bagian yang harus ada untuk menjelaskan secara lengkap tentang topik yang dibahas.Namun, ada beberapa bagian yang tidak termasuk dalam teks eksplanasi. Apa sajakah itu? Berikut ini merupakan bagian dari teks eksplanasi kecuali.

1. Narasi

Narasi adalah bagian dari teks yang berisi tentang cerita atau peristiwa yang terjadi. Narasi biasanya digunakan pada jenis teks berbahasa fiksi seperti cerita pendek, novel, atau drama. Narasi tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

2. Deskripsi

Deskripsi adalah bagian dari teks yang berisi tentang gambaran atau deskripsi suatu bentuk, karakteristik, atau sifat dari suatu benda atau hal. Deskripsi juga tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

3. Argumentasi

Argumentasi adalah bagian dari teks yang berisi tentang pendapat atau argumen tentang suatu topik. Argumentasi biasanya digunakan pada jenis teks berbahasa persuasif seperti editorial, esai, atau pidato. Argumentasi tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

4. Puisi

Puisi adalah jenis teks yang berisi tentang perasaan atau ekspresi keindahan dalam bentuk puisi. Puisi tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

5. Cerita Fantasi

Cerita fantasi adalah jenis teks yang berisi tentang cerita yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata. Cerita fantasi tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

6. Kata Pengantar

Kata pengantar adalah bagian dari teks yang berisi tentang pengantar atau pembukaan suatu buku atau dokumen. Kata pengantar tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

7. Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah bagian dari teks yang berisi tentang daftar sumber referensi yang digunakan dalam penulisan suatu buku atau dokumen. Daftar pustaka tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

8. Pengantar

Pengantar adalah bagian dari teks yang berisi tentang pembukaan suatu acara atau pertunjukan. Pengantar tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

9. Surat

Surat adalah jenis teks yang berisi tentang pesan atau komunikasi tertulis antar individu atau organisasi. Surat tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

10. Kalimat Sapaan

Kalimat sapaan adalah kalimat yang digunakan untuk menyapa atau memberi salam kepada seseorang atau kelompok. Kalimat sapaan tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

11. Kalimat Penutup

Kalimat penutup adalah kalimat yang digunakan untuk mengakhiri suatu teks. Kalimat penutup tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

12. Sinopsis

Sinopsis adalah bagian dari teks yang berisi tentang ringkasan suatu cerita atau film. Sinopsis tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

13. Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih adalah kalimat yang digunakan untuk mengucapkan terima kasih kepada seseorang atau kelompok. Ucapan terima kasih tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

14. Doa

Doa adalah bentuk permohonan atau harapan kepada Tuhan. Doa tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

15. Iklan

Iklan adalah jenis teks yang berisi tentang promosi suatu produk atau jasa. Iklan tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

16. Pandangan Umum

Pandangan umum adalah bagian dari teks yang berisi tentang gambaran umum atau pandangan mengenai suatu topik. Pandangan umum tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

17. Cuplikan Film

Cuplikan film adalah bagian dari teks yang berisi tentang potongan-potongan adegan dari suatu film. Cuplikan film tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

18. Kata Motivasi

Kata motivasi adalah kata-kata yang digunakan untuk memotivasi atau memberi semangat kepada seseorang atau kelompok. Kata motivasi tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

19. Lirik Lagu

Lirik lagu adalah bagian dari teks yang berisi tentang lirik atau syair suatu lagu. Lirik lagu tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

20. Kutipan

Kutipan adalah bagian dari teks yang berisi tentang kutipan dari suatu sumber. Kutipan tidak termasuk dalam teks eksplanasi karena fokusnya bukan pada penjelasan suatu fenomena.

Kesimpulan

Dalam teks eksplanasi, terdapat beberapa bagian yang harus ada untuk menjelaskan secara lengkap mengenai suatu fenomena atau kejadian. Namun, ada beberapa bagian yang tidak termasuk dalam teks eksplanasi seperti narasi, deskripsi, argumentasi, puisi, cerita fantasi, kata pengantar, daftar pustaka, pengantar, surat, kalimat sapaan, kalimat penutup, sinopsis, ucapan terima kasih, doa, iklan, pandangan umum, cuplikan film, kata motivasi, lirik lagu, dan kutipan.Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca untuk lebih memahami tentang bagian-bagian yang tidak termasuk dalam teks eksplanasi. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar