Berikut Ini Kaidah Teks Negosiasi Yang Baik Kecuali

Pendahuluan

Negosiasi merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencapai kesepakatan antara dua atau lebih pihak. Dalam proses negosiasi, terdapat beberapa kaidah yang harus diperhatikan agar dapat mencapai kesepakatan yang baik dan menguntungkan bagi semua pihak. Namun, tidak semua kaidah teks negosiasi dianggap baik oleh semua pihak. Berikut ini kaidah teks negosiasi yang baik kecualiā€¦

Kaidah Negosiasi Yang Baik

1. Mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai negosiasi. Hal ini meliputi mempelajari profil lawan negosiasi, mengetahui kebutuhan dan keinginan lawan, serta menyiapkan alternatif solusi yang mungkin terjadi.2. Menjaga sikap dan perilaku yang baik selama negosiasi berlangsung. Hal ini meliputi menghindari sikap defensif, tetap tenang dan sabar, serta mendengarkan dengan baik.3. Menjaga komunikasi yang jelas dan terbuka. Hal ini meliputi menggunakan bahasa yang mudah dipahami, menghindari bahasa yang tidak sopan, serta menghindari menggunakan bahasa tubuh yang mengancam.4. Mencari kesamaan dan persamaan pandangan dengan lawan negosiasi. Hal ini meliputi menemukan titik temu yang sama, mencari kesamaan tujuan, serta menemukan solusi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.5. Menjaga hubungan yang baik dengan lawan negosiasi. Hal ini meliputi menghindari sikap egois dan merugikan lawan, serta menghindari tindakan yang dapat merusak hubungan baik.

Kaidah Negosiasi yang Tidak Baik

1. Memaksa lawan negosiasi untuk menerima tawaran yang tidak menguntungkan. Hal ini meliputi menggunakan kekuasaan atau ancaman untuk memaksa lawan menerima tawaran yang tidak adil.2. Menggunakan taktik manipulatif atau menipu lawan negosiasi. Hal ini meliputi menggunakan taktik yang tidak jujur atau tidak adil, seperti memberikan informasi yang salah atau menekan lawan negosiasi.3. Mengabaikan kebutuhan atau keinginan lawan negosiasi. Hal ini meliputi mengesampingkan kebutuhan atau keinginan lawan, dan hanya memperhatikan kepentingan diri sendiri.4. Menyerang secara pribadi atau merendahkan lawan negosiasi. Hal ini meliputi menggunakan kata-kata yang kasar atau menyerang secara pribadi, sehingga dapat merusak hubungan baik.5. Tidak memiliki alternatif solusi yang mungkin terjadi. Hal ini meliputi tidak mempersiapkan alternatif solusi yang mungkin terjadi, sehingga dapat mengakibatkan kesepakatan yang tidak menguntungkan.

Kesimpulan

Negosiasi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencapai kesepakatan antara dua atau lebih pihak. Dalam proses negosiasi, terdapat beberapa kaidah yang harus diperhatikan agar dapat mencapai kesepakatan yang baik dan menguntungkan bagi semua pihak. Namun, terdapat pula kaidah negosiasi yang tidak baik dan dapat merugikan salah satu pihak. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dan persiapan yang matang sebelum memulai proses negosiasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar