Berikut Ini Bukan Merupakan Teknik Dalam Lari Jarak Pendek Adalah

1. Memulai dengan cepat

Banyak orang berpikir bahwa cara terbaik untuk memenangkan lomba lari jarak pendek adalah dengan memulai dengan cepat. Namun, ini sebenarnya bukan teknik yang baik untuk digunakan. Sebaliknya, Anda harus memulai dengan tenang dan mencoba untuk mempertahankan kecepatan Anda sepanjang perlombaan.

2. Mengangkat kaki terlalu tinggi

Mengangkat kaki terlalu tinggi juga bukan teknik yang baik untuk digunakan saat lari jarak pendek. Hal ini sebenarnya bisa memperlambat Anda dan membuat Anda kehilangan momentum. Sebaliknya, cobalah untuk menjaga gerakan kaki Anda sependek mungkin dan fokus pada kecepatan.

3. Melakukan gerakan yang berlebihan

Banyak pelari jarak pendek melakukan gerakan yang berlebihan, seperti mengayunkan tangan mereka terlalu tinggi atau mengangkat lutut mereka terlalu tinggi. Namun, ini sebenarnya tidak diperlukan dan bisa memperlambat Anda. Sebaliknya, cobalah untuk melakukan gerakan yang minimal dan fokus pada kecepatan.

4. Melakukan pemanasan yang tidak cukup

Sebelum memulai lari jarak pendek, sangat penting untuk melakukan pemanasan yang cukup. Namun, banyak pelari tidak melakukannya dengan benar. Sebelum memulai lomba, pastikan untuk melakukan pemanasan yang cukup untuk menghindari cedera dan mempersiapkan tubuh Anda untuk perlombaan.

5. Mengabaikan teknik lari yang benar

Teknik lari yang benar sangat penting untuk berhasil dalam lari jarak pendek. Namun, banyak pelari mengabaikan teknik ini dan fokus pada kecepatan saja. Pastikan untuk mempelajari teknik lari yang benar dan menggunakannya selama perlombaan.

6. Tidak fokus pada nafas

Nafas yang tepat sangat penting saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak fokus pada nafas mereka dan menghirup udara dengan cara yang salah. Pastikan untuk fokus pada nafas Anda dan mengambil napas dalam-dalam untuk memaksimalkan oksigen yang masuk ke tubuh Anda.

7. Tidak melakukan latihan kekuatan

Latihan kekuatan sangat penting untuk meningkatkan kecepatan dan daya tahan saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari mengabaikan latihan kekuatan dan hanya fokus pada latihan kardio. Pastikan untuk melakukan latihan kekuatan seperti angkat beban atau latihan berat lainnya untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan Anda.

8. Tidak melakukan latihan interval

Latihan interval sangat penting untuk meningkatkan kecepatan dan daya tahan saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari mengabaikan latihan ini dan hanya fokus pada latihan kardio biasa. Pastikan untuk melakukan latihan interval seperti berlari cepat selama beberapa menit dan kemudian berjalan selama beberapa menit untuk meningkatkan kecepatan dan daya tahan Anda.

9. Tidak mengatur tempo yang tepat

Mengatur tempo yang tepat sangat penting saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak mengatur tempo mereka dengan benar dan hanya fokus pada kecepatan saja. Pastikan untuk mengatur tempo Anda dengan benar dan menyesuaikan kecepatan Anda sesuai dengan jarak yang Anda lari.

10. Tidak makan makanan yang tepat

Makanan yang tepat sangat penting untuk menjaga energi Anda saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak makan makanan yang tepat dan hanya fokus pada makanan ringan atau makanan cepat saji. Pastikan untuk makan makanan yang sehat dan mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat untuk menjaga energi Anda selama perlombaan.

11. Tidak minum air yang cukup

Minum air yang cukup sangat penting saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak minum air yang cukup dan hanya fokus pada minuman olahraga atau minuman lainnya. Pastikan untuk minum air yang cukup selama perlombaan untuk menghindari dehidrasi dan menjaga energi Anda.

12. Tidak menggunakan sepatu yang tepat

Memilih sepatu yang tepat sangat penting saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak memilih sepatu yang tepat dan hanya fokus pada merk atau penampilan. Pastikan untuk memilih sepatu yang nyaman dan cocok untuk kaki Anda untuk menghindari cedera dan meningkatkan kecepatan Anda.

13. Tidak memperhatikan postur tubuh

Postur tubuh yang benar sangat penting saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak memperhatikan postur tubuh mereka dan hanya fokus pada kecepatan. Pastikan untuk menjaga postur tubuh yang benar dan menjaga tulang belakang Anda lurus selama perlombaan.

14. Tidak istirahat dengan cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk memulihkan tubuh Anda setelah lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak istirahat dengan cukup dan hanya fokus pada latihan terus-menerus. Pastikan untuk istirahat dengan cukup setelah perlombaan dan memberi tubuh Anda waktu untuk pulih.

15. Tidak menghindari cedera

Cedera sangat umum terjadi saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak menghindari cedera dan hanya fokus pada kecepatan. Pastikan untuk menghindari cedera dengan melakukan pemanasan yang cukup, memperhatikan teknik lari yang benar, dan memilih sepatu yang tepat.

16. Tidak memperhatikan lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar sangat penting saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak memperhatikan lingkungan sekitar mereka dan hanya fokus pada kecepatan. Pastikan untuk memperhatikan lingkungan sekitar Anda dan menghindari rintangan atau bahaya lainnya.

17. Tidak memperhatikan cuaca

Cuaca yang buruk dapat mempengaruhi performa Anda saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak memperhatikan cuaca dan hanya fokus pada kecepatan. Pastikan untuk memperhatikan cuaca sebelum perlombaan dan menyesuaikan kecepatan Anda jika diperlukan.

18. Tidak fokus pada tujuan Anda

Fokus pada tujuan Anda sangat penting saat lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak fokus pada tujuan mereka dan hanya fokus pada kecepatan. Pastikan untuk fokus pada tujuan Anda dan memotivasi diri Anda selama perlombaan.

19. Tidak melakukan pendinginan setelah perlombaan

Pendinginan setelah perlombaan sangat penting untuk memulihkan tubuh Anda. Namun, banyak pelari tidak melakukan pendinginan setelah perlombaan dan hanya fokus pada hasil akhir. Pastikan untuk melakukan pendinginan setelah perlombaan dan memberi tubuh Anda waktu untuk pulih.

20. Tidak menikmati lari jarak pendek

Akhirnya, sangat penting untuk menikmati lari jarak pendek. Namun, banyak pelari tidak menikmati perlombaan mereka dan hanya fokus pada hasil akhir. Pastikan untuk menikmati perlombaan Anda dan memotivasi diri Anda selama perlombaan.

Kesimpulan

Meskipun banyak teknik yang salah yang sering dilakukan saat lari jarak pendek, Anda dapat menghindarinya dengan mengikuti tips yang tepat. Pastikan untuk memperhatikan pemanasan, teknik lari, makanan dan minuman yang tepat, dan istirahat yang cukup untuk meningkatkan performa Anda saat lari jarak pendek. Dan, yang terpenting, jangan lupa menikmati perlombaan Anda dan memotivasi diri Anda selama perlombaan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan komentar