Apakah Panjang Apotema Bisa Lebih Dari Jari Jari Jelaskan

Pendahuluan

Apotema adalah sebuah garis lurus yang menghubungkan pusat segi banyak dengan titik pusat segi banyak yang berada di sisi yang berlawanan. Sedangkan jari-jari adalah jarak dari pusat segi banyak ke salah satu sisi. Apakah mungkin panjang apotema bisa lebih dari jari-jari? Ini bisa menjadi pertanyaan yang menarik dan mungkin membingungkan banyak orang.

Penjelasan

Ada beberapa segi banyak di mana panjang apotema bisa lebih dari jari-jari. Salah satunya adalah segi banyak beraturan dengan lebih dari empat sisi. Contoh yang paling umum adalah heksagon atau segi enam. Dalam heksagon, panjang apotema sama dengan dua kali jari-jari. Ini berarti bahwa jika jari-jari adalah r, maka panjang apotema akan menjadi 2r. Ini berlaku untuk segi banyak beraturan lainnya dengan lebih dari empat sisi.Namun, pada segi banyak beraturan dengan empat sisi atau kurang, panjang apotema tidak bisa lebih dari jari-jari. Ini karena dalam segi banyak ini, panjang apotema selalu lebih kecil dari jari-jari. Jika jari-jari adalah r, maka panjang apotema akan menjadi r/2 untuk segi empat, dan r untuk segi tiga.

Contoh Penerapan

Salah satu contoh penerapan panjang apotema yang lebih besar dari jari-jari adalah dalam perhitungan luas segi banyak. Luas segi banyak bisa dihitung dengan rumus 1/2 x panjang apotema x keliling segi banyak. Jika panjang apotema lebih besar dari jari-jari, maka luas segi banyak juga akan lebih besar. Ini merupakan salah satu aplikasi matematika yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Dalam segi banyak beraturan dengan lebih dari empat sisi, panjang apotema bisa lebih dari jari-jari. Namun, pada segi banyak beraturan dengan empat sisi atau kurang, panjang apotema tidak bisa lebih dari jari-jari. Panjang apotema yang lebih besar dari jari-jari dapat digunakan dalam perhitungan luas segi banyak. Ini merupakan salah satu aplikasi matematika yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan komentar