Alat Negara Yang Bertugas Menanggulangi Ancaman Nonmiliter Dilakukan Oleh

Pengenalan

Dalam melindungi negara dari ancaman, tidak hanya melalui kekuatan militer saja yang dilakukan oleh negara. Namun, ada juga ancaman nonmiliter seperti terorisme, bencana alam, kejahatan lintas negara, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan alat negara yang bertugas menanggulangi ancaman nonmiliter tersebut.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau disingkat dengan BNPB merupakan salah satu alat negara yang bertugas menanggulangi bencana alam di Indonesia. BNPB berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. BNPB memiliki tugas dan fungsi dalam menangani bencana alam yang meliputi pencegahan, penanggulangan, dan pemulihan bencana alam.

Kepolisian Negara Republik Indonesia

Kepolisian Negara Republik Indonesia atau disingkat dengan POLRI merupakan alat negara yang bertugas menangani masalah keamanan dan ketertiban masyarakat. POLRI memiliki tugas dan fungsi dalam mengatasi ancaman kejahatan lintas negara, terorisme, narkoba, dan lain sebagainya.

Direktorat Jenderal Imigrasi

Direktorat Jenderal Imigrasi atau disingkat dengan DJI merupakan alat negara yang bertugas menangani masalah keimigrasian di Indonesia. DJI memiliki tugas dan fungsi dalam mengawasi kedatangan dan keberangkatan orang asing ke dan dari Indonesia, serta memberikan izin tinggal dan visa bagi orang asing yang ingin tinggal di Indonesia.

Badan Intelijen Negara

Badan Intelijen Negara atau disingkat dengan BIN merupakan alat negara yang bertugas menangani intelijen nasional. BIN memiliki tugas dan fungsi dalam mengumpulkan informasi dan data dari dalam dan luar negeri yang berkaitan dengan kepentingan nasional.

Badan Narkotika Nasional

Badan Narkotika Nasional atau disingkat dengan BNN merupakan alat negara yang bertugas menangani masalah penyalahgunaan narkoba di Indonesia. BNN memiliki tugas dan fungsi dalam pencegahan, penanggulangan, dan rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkoba.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai atau disingkat dengan DJBC merupakan alat negara yang bertugas menangani masalah kepabeanan dan cukai di Indonesia. DJBC memiliki tugas dan fungsi dalam mengawasi impor dan ekspor barang serta memungut bea masuk dan cukai.

Badan Keamanan Laut

Badan Keamanan Laut atau disingkat dengan BAKAMLA merupakan alat negara yang bertugas menangani masalah keamanan di perairan Indonesia. BAKAMLA memiliki tugas dan fungsi dalam menjaga keamanan dan keselamatan di laut, melindungi sumber daya alam, serta menangani ancaman kejahatan lintas negara di perairan Indonesia.

Kesimpulan

Dalam melindungi negara dari ancaman nonmiliter, negara memiliki beberapa alat negara yang bertugas menanggulangi ancaman tersebut. Mulai dari BNPB untuk bencana alam, POLRI untuk masalah keamanan dan ketertiban masyarakat, DJI untuk masalah keimigrasian, BIN untuk intelijen nasional, BNN untuk masalah penyalahgunaan narkoba, DJBC untuk masalah kepabeanan dan cukai, serta BAKAMLA untuk masalah keamanan di perairan Indonesia.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan komentar